6.04.2013

Mulai, Jalani, Selesaikan !! - Bagian 1 : Mulai

  "Hal yang paling sulit dalam kesuksesan adalah memulai"

     Well, itu sebagian quote dari guru Bahasa Indonesia kelas XII gue, Bu Naniek ketika gue disuruh buat esai tentang para cerpenis. Waktu itu gue kesulitan menentukan konsep awal dan bentuk esai gue. Saat itulah beliau ngomong header itu, dan gue pun berhasil buat esai kritik bergaya cerpen (gue lupa istilahnya) dan PujiTuhan dapet nilai A !! entah karena tulisan gue atau gurunya pusing baca tulisan gue~ :))

     Awalnya gue kira Bu Naniek cuma pengen ngasih semangat buat murid-muridnya supaya semangat n gak gampang menyerah dalam bikin esai, dan mungkin emang itu tujuannya. Tapi disini gue menemukan hal yang ganjil, satu silver lining yang sangaaattt berguna buat gue di masa depan nanti.

   " Memulai segala sesuatu dan menjalaninya"



     Dari gue kecil (seinget gue) gue itu paling males ngejalanin sesuatu, dan sekalinya memulai gue itu males buat ngejalaninnya. Kalo gak jadi kebiasaan gue yang berubah jadi rutinitas semata, mungkin gue udah lupa atau gue tinggalin. Atau garis besarnya, gue seorang yang harus terus dimotivasi dan diawasi. a-cctv-needed-boy -____-"

     Serius, gue aja kesel sendiri pas nulis ini. Baru sadar, jadi selama ini gue.....

     Curhat nih, dulu gue pernah semangat banget buat main keyboard, trus pengen bisa gitar, trus bisa fotografi, skateboard, sampe pen spinning juga (obsesi banget yaakk? wkwk) tapi ya gitu, cuma sekedar pengen. dan ketika gue udah dikasih, diajarin sampe bisa dasarnya, gue mulai tinggalin, abaikan dll. Nyari temen juga gitu, gue baru bisa akrab setelah orang itu ngedeketin dan mengakrabkan diri ke gue (Setelah itu gue kyk locked-out sama itu-itu aja a.k.a gengsi). Sampe akhirnya gue mencapai satu titik paling ngenes : gue mentok segitu aja. Jalan ditempat. got stucked in a certain position.

     Dan hal itu gue lakuin sampe beberapa waktu lalu....

     Gue punya kebiasaan yang menurut gue sih asik : tiduran di kasur, ngeliat langit-langit kamar sambil merenung... dan beberapa hari yang lalu gue tiba-tiba merenungi hal yang sering diucapkan oleh temen-temen gue dan bahkan gue sendiri:

     Kuliah itu keras, bro.

    Lalu gue ingat kata-kata seseorang (atau inner voice gue sendiri, lupa), bunyinya "Selesaikan apa yang kau mulai, atau jangan memulai samasekali". dan itu ada benarnya juga. Gue akan masuk dunia kuliah dalam beberapa bulan, dan jurusan gue termasuk jurusan yang "wow" untuk ukuran cowok (jarang yang ngambil soalnya~) sedangkan gue masih stuck sama dunia SMA gue yang notabene akan berubah menjadi kenangan manis, teman-teman SMA yang akan menjadi sahabat jarak jauh. Sejuta pikiran negatif tentang dunia kuliah membuat gue takut untuk bahkan memulai perkuliahan. Sampe akhirnya pikiran gue pun berkata :

     "Move On, meeenn. Lo gak akan bisa berada di satu posisi terus menerus. dunia lo akan berubah, gak peduli lo bisa atau enggak. Begitu juga dengan semua hal yang udah lo mulai, mereka akan selesai entah lo bisa atau enggak."

     Bener sih, gue punya the best friend and the best experience ever sampe gue SMA ini. Dan mungkin itu yang membuat gue terlalu lama berada di zona nyaman, membuat gue takut mencoba melangkah ke dunia luar yang sesungguhnya. Dan akhirnya kata-kata Bu Naniek diatas menyadarkan gue. Gue udah sering memulai suatu hal, gue juga udah sering menjalani suatu hal. Lalu kenapa gue gak berani memulai dunia yang baru ini? Toh temen-temen gue nanti juga harus menghadapi dunia barunya juga. Seperti waktu yang akan terus berputar, dunia akan terus bergerak.

     Bayi pun gak akan bisa berjalan kalau dia gak mencoba berdiri dahulu, kan? Lantas apa salahnya kalau gue memulai dunia baru ini duluan? mencari informasi, menambah teman baru dan koneksi di tempat baru nanti, tanpa melupakan waktu untuk dihabiskan bersama teman-teman kita selama menunggu waktu kuliah, mengembangkan talenta yang udah dikasih Tuhan ke gue, atau mencoba hal-hal baru (yang positif, kyk bikin cover, dll). Dan gue percaya, sebuah kesuksesan besar berasal dari keinginan yang kuat untuk memulai.

     Sekali lagi,  Hal yang paling sulit dalam kesuksesan adalah memulai, so start it up ! <(^o^)v
 <-- ilustasi, ngambil dari internet


Written with full respect,



Writer


*Tulisan dibuat tanpa menyinggung satu atau lain pihak manapun. atas segala kekurangannya, Admin mohon maaf yang sebesar-besarnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar